Home

Sejarah

Anggota

Angkatan

Kepengurusan

Lambang

DP dari Masa ke Masa

Kegiatan

Lain-lain


Turut Berduka Cita

P endidikan dan Latihan (Diklat) Penelusuran Gua di Gua Seropan, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta, berakhir tragis. Sebanyak tiga orang tewas.

Kejadian nahas itu bermula saat satu kelompok Diklat beserta empat orang pemandu melakukan penelusuran Gua Seropan 2, Selasa siang. Pada saat bersamaan turun hujan lebat hingga mengakibatkan banjir di aliran sungai bawah tanah. Sebagian besar peserta berhasil menyelamatkan diri. Namun ketiga korban tenggelam karena masih menggantung di tali dan berada di dasar gua sedalam sekitar 40 meter.

Para pemandu yang berusaha menyelamatkan korban tidak bisa berbuat banyak karena debit air di dasar goa cukup tinggi. Mereka harus menunggu debit air berkurang. Pada Selasa petang, proses evakuasi baru bisa dilakukan. Sebanyak dua korban tewas yang berhasil dievakuasi selama lebih dari 5 jam langsung dibawa ke RSUD Wonosari.

Diklat ini diadakan oleh Federasi Speleologi Indonesia dan diikuti 60 peserta yang sebagian besar merupakan mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Dikutip dari: Metrotvnews.com ***