Home

Sejarah

Anggota

Angkatan

Kepengurusan

Lambang

DP dari Masa ke Masa

Kegiatan

Lain-lain


Sejarah

Sekelompok mahasiswa yang baru kuliah tiga bulan di Unpad sedang kumpul-kumpul di depan pintu Ruang K-2 di kampus Jalan Dipati Ukur 35 Bandung. Kalau tidak salah waktu itu sore hari di bulan Oktober 1981. Satu-satunya yang senior hanya Kang Soen (mahasiswa Fakultas Publisistik –sekarang Fikom/Fakultas Ilmu Komunikasi– angkatan 76).

Acaranya sih hanya kumpul-kumpul biasa seusai kuliah. Namun tidak tahu dari mana awal pembicaraannya, tiba-tiba muncul ide untuk membentuk klub rock climbing. Maklum waktu itu kegiatan rock climbing sedang naik daun.

Kang Soen memberi saran. Ini kan lembaga pendidikan tinggi, mengapa harus membuat klub rock climbing? Klub semacam ini terlalu sempit bagi sebuah lembaga pendidikan tinggi seperti Unpad. Apa tidak sebaiknya membuat klub yang lebih luas, yang bidang kegiatannya ada unsur ilmiahnya.

Masuk akal juga pendapat tersebut. Setelah ngobrol ngalor-ngidul, akhirnya teman-teman setuju dengan ide mendirikan klub pecinta alam. Kemudian disepakati untuk mengundang teman-teman dari fakultas lain yang seangkatan. Undangan pun dibuat dan disebar untuk pertemuan dengan teman-teman dari fakultas lain.

Pertemuan tersebut berlangsung di sebuah ruang kuliah FISIP (apa nama kelasnya ya yang naik tangga depan Menwa?). Banyak juga yang hadir. Seluruh kursi yang ada di ruang hampir terisi. Jumlah yang hadir mungkin sekitar 40-an orang.

Dalam pertemuan itu teman-teman sepakat mendirikan klub pecinta alam. Walaupun begitu, teman-teman belum mempunyai gambaran jelas mau seperti apa klub atau kelompok pecinta alam tersebut. Untuk itu dalam pertemuan informal dengan beberapa teman-teman disepakati perlu bertemu dengan beberapa dosen yang memiliki latar belakang kegiatan di alam terbuka dan juga rektor atau pejabat Unpad lainnya.

Kang Soen memberikan beberapa nama yang perlu dihubungi. Yang pertama dihubungi adalah Kang Ichary atau Ichary Soekirno. Dosen F-MIPA dan juga dari Pusat Komputer Unpad ini memiliki pengalaman kegiatan di alam terbuka yang sangat panjang, selain juga dia berlatar pendidikan ice climbing dari Inggris.

Beberapa kali kami melakukan pertemuan di rumah Kang Ichary, Jl. Ciung No. 17 Bandung. Dalam pertemuan tersebut berkali-kali Kang Ichary berpesan bahwa tujuan utama yang harus dipegang setiap anggota adalah “menyelesaikan kuliah tepat pada waktunya.” Selain itu, dia juga selalu mengatakan pijakan dasar organisasi ini adalah “bina anggota, bina organisasi”. Makna pijakan ini sangat dalam, karena sudah mencakup seluruh aspek yang ingin dicapai organisasi.

Sebagai pelaksanaan dari misi tersebut, Kang Ichary mengusulkan agar membuat proposal yang lengkap –termasuk rencana pendidikan dasar– untuk diserahkan kepada pimpinan universitas, Rektor dan Pembantu Rektor III. Proposal tersebut juga diberikan kepada beberapa senior yang diharapkan akan menjadi pembina Palawa Unpad. Misalnya pendaki senior Kang Ekky (Ekky Setyawan, dosen FKG), Pak Pama (Pama S. Widjaja, pembina olahraga di Unpad), Kang Syarief (Syarief A. Barmawi, dosen FH yang juga penerjun dan banyak melakukan kegiatan di alam terbuka), A. Yunus (guru besar F-MIPA). Alhamudillah para senior tersebut –termasuk Kang Ichary dan Kang Soen– bersedia menjadi pembina.

Proposal pendirian perhimpunan dan rencana pendidikan dasar –setelah mengalami puluhan kali revisi– akhirnya diajukan ke Pembantu Rektor III Joesoef A. Ma’moen –seorang aktivis yang juga mempunyai hobi di alam terbuka. Pada dasarnya, menurut PR III, pihak universitas tidak keberatan lahirnya organisasi pecinta alam. Memang secara lisan, karena tidak pernah keluar sepucuk surat resmi tentang kehadiran perhimpunan ini.

Pada kesempatan itu Rektor dan PR III bersedia menjadi pelindung. Sedangkan dalam kaitannya dengan pendidikan dasar, untuk sementara pihak Unpad belum bisa memberi sumbangan apa-apa :-(

Teman-teman tidak terkejut dengan pernyataan tersebut, karena sejak awal perhimpunan ini tidak mau memberatkan pihak universitas. Teman-teman ingin mandiri, karena dengan kemandirian mudah-mudahan perhimpunan ini menjadi kuat dan siap menghadapi kondisi paling buruk sekalipun.***

Artikel Terkait:
| Diklatdas I | Jalan Kaki ke Lembang | Villa Pager Wangi | Dari Villa Pindah ke Hutan | Muper I | AD-ART | Nama Perhimpunan | Simbol Perhimpunan |